Nonaktivkan atau disable IDM pada Chrome dan Firefox Lengkap

Halo selamat malam, sore tadi saya berkunjung ke salah satu customer saya dijakarta barat untuk training. Nah, pada saat mulai menjelaskan panjang kali lebar kali tinggi lagi dalam. Aku membuka browser dan mulai mendownload sesuatu. Namun naas, ketika link download di klik. Si resek IDM muncul dengan notifikasi registrasinya. Otomatis si IDM tidak bisa dinonaktivkan dari APPnya karena IDM tadi selalu meminta registrasi agar bisa masuk. Nah, saya langsung cari logikanya tuh, pastinya malu dong anak IT tidak bisa mengatasi hal sepele macam ini. Apalagi yang ditraining adalah anak akuntan yang cantiknya kelewatan, harga diri lah kalau sampai tidak bisa hehe.

Langkah saya langsung ke Add on/extension. Nah disini letak keheranan saya muncul. Logikanya, IDM adalah Aplikasi dari luar Aplikasi Browser. Untuk menghubungkan Browser dengan aplikasi luar diperlukan adanya penghubung yang salah satunya extension ini. Namun IDM ini, status extensionnya sudah TERDISABLED!!. Seharusnya ketika mengunduh, unduhan tidak lagi melalui IDM ini. Saya langsung memutar otak untuk menemukan logika yang ada. Akhrinya ketemu satu logika lagi.

Nah, untuk mengatasi hal macam ini, maka langkah awalnya adalah:

  1. Buka Menu Add On/Extension pada browser.
  2. Enable kan dahulu Extension IDMnya.
  3. Lalu disabledkan lagi.
  4. Selesai. Sekarang si idm sudah terdisable.

Logika yang saya temukan adalah, extension IDM ini butuh direstart. Karena walau statusnya sudah disable, tapi dia masih aktiv dibackground. Padahal servicenya tidak jalan!. huft… untung ketemu. Kalau tidak bisa malu pada mbak cantiknya nih hehe.

Sudah malam, saatnya istirahat sambil ngelamunin si dia yang jauh disana. huehehe… Let’s #BeeFree 😉

Leave a comment

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close